Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
PEMBUATAN GAME MEDICON BERBASIS ANDROID UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN KODEFIKASI TINDAKAN MEDIS SISTEM MUSKULOSKELETAL
Prodi | : DIII REKAM MEDIS DAN INFORMASI KESEHATAN |
Pengarang | : Vella Nur Tita |
Dosen Pembimbing | : dr. Endang Sri Dewi Hastuti Suryandari, M.QIH |
Klasifikasi/Subjek | : , REKAM MEDIS,INFORMASI KESEHATAN |
Penerbitan | : , MALANG: 2020. |
Bahasa | : INDONESIA |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
ABSTRAK Vella Nur Tita. 2020. “Pembuatan Game Medicon Berbasis Android untuk Meningkatkan Pengetahuan Kodefikasi Tindakan Medis Sistem Muskuloskeletal”. Dibimbing oleh: dr. Endang Sri Dewi Hastuti Suryandari, M.QIH Perekam Medis memiliki peraturan penyelenggaraan Perekam Medis yang diatur oleh Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 55 Tahun 2013. Perekam Medis memiliki beberapa kewenangan yang diatur pada pasal 13, salah satunya adalah melaksanakan sistem klasifikasi klinis dan kodefikasi penyakit yang berkaitan dengan kesehatan dan tindakan medis sesuai terminologi medis yang benar. Tujuan dari kodefikasi tersebut, khususnya kodefikasi tindakan medis adalah pembiayaan laporan klaim kesehatan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan kepada 35 Mahasiswa tingkat 2 Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa tidak lulus atau tidak cakap dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan dan sebagian besar mahasiswa mengungkapkan bahwa cara penyampaian materi oleh dosen telah sesuai, akan tetapi materi yang disampaikan susah dimengerti, terbatasnya sumber atau informasi materi dan mahasiswa terlalu asik dengan gadgetnya. Mahasiswa mengharapkan adanya media pembelajaran baru yang seru dan menyenangkan. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dan perkembangan atau Research and Development. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Kodefikasi Tindakan Medis Sistem Muskuloskeletal yang berbasis Android menggunakan metode pre-test dan post-test. Metode pengembangan yang digunakan adalah Metode Waterfall. Populasi dari penelitian ini yaitu Mahasiswa D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan tingkat 2 (angkatan tahun 2018) sebanyak 3 kelas dengan rincian kelas 2A, 2B, dan 2C. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara acak sederhana (simple random sampling). Hasil penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran berbasis android yang telah diuji fungsinya dengan menggunakan metode blackbox testing dan diuji user dengan metode TAM (Technology Acceptance Model). Teknik analisis menggunakan Paired T-Test. Hasil rata-rata pre-test adalah 67 dan hasil rata-rata post-test adalah 87. Di dapatkan hasil nilai paired t-test adalah 0,000 dan signifikan tailed < 0,05 yang disimpulkan dengan adanya perubahan pengetahuan mahasiswa tentang materi kodefikasi tindakan medis Sistem Muskuloskeletal. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah mampu mengembangkan aplikasi media pembelajaran ini dengan menambahkan item yang belum ada pada aplikasi yang telah dibuat Kata Kunci : Game, android, pengetahuan, kodefikasi¸ tindakan medis, Sistem Muskuloskeletal